10 Tips sewa mobil – Sewa atau Rental mobil menjadi salah satu solusi terbaik ketika membutuhkan kendaraan untuk berbagai kebutuhan, terutama saat kita sedang berada di luar kota atau di luar domisili. Karena kebutuhan akan mobil yang meningkat, jasa penyewaan kendaraan juga semakin banyak. Sayangnya, tidak semua penyedia layanan jasa penyewaan kendaraan ini baik dan terpercaya.

Tak jarang penyewa malah merugi, karena tiba-tiba ada biaya yang tidak tertulis sebelumnya dan bisa juga karena penyedia jasa ternyata scammer.

Berikut adalah beberapa tips sewa mobil agar tidak rugi saat sedang menyewa mobil:

10 Tips Agar Kamu Tidak Rugi Saat Sewa Mobil! No 5 Paling Sering Dilupakan

1. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah karena bisa jadi mobil yang disewakan tidak dalam kondisi yang baik.

Rental mobil Bandung atau di kota manapun Anda berada, tentu ingin yang semurah-murahnya, bukan? Akan tetapi terkadang hal ini bisa menjadi boomerang karena pada dasarnya tidak ada yang mau bisnisnya rugi. Jadi, jika ada jasa yang menawarkan terlalu murah Anda justru patut curiga. Bisa saja kondisi armada tidak prima atau nanti ada fee tambahan lain, misalnya asuransi.

2. Selalu membandingkan harga dari beberapa penyedia jasa sewa mobil sebelum memutuskan untuk memesan.

Sewa mobil hitungannya per jam dan bukannya jauh atau dekat, sehingga mudah bagi Anda membandingkannya. Silahkan kunjungi beberapa rental terpercaya, bisa melalui aplikasi atau website. Lalu, lihat tarif skema penyewaan yang ditawarkan. Pilih yang memberikan harga total sewa murah dengan fasilitas lengkap seperti sudah termasuk driver dan asuransi.

3. Jangan melakukan pemesanan mendadak atau mendekati hari H karena bisa jadi mobil yang diinginkan sudah tidak tersedia.

Booking armada mendadak, sangat tidak recommended. Pada masa-masa ini, biasanya harga sewa akan naik dan pilihan kendaraan juga terbatas. Apalagi jika itu untuk kebutuhan liburan seperti sewa bus pariwisata. Anda harus puas dengan sisa armada dan dengan harga standar. Padahal, jika memesan jauh-jauh hari opsi kendaraan lebih banyak dan bisa sesuai kriteria plus dengan harga yang sama.

4. Konfirmasi dan pastikan kondisi unit mobil sebelum berangkat.

Teliti dan cermati penyedia jasa rental mobil terlebih dahulu. Paham jika tidak semua orang mengerti tentang kendaraan, tetapi paling tidak cek kondisi luar. Jangan langsung percaya karena siapa tahu, kendaraan yang Anda sewa kurang prima. Jangan sungkan memeriksa kondisi mobil. Tidak perlu malu untuk memotret kondisi mobil sebelumnya dan menanyakan detail kendaraan di tempat.

5. Jangan mengemudikan mobil secara ugal-ugalan karena bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Meskipun kendaraan yang kamu gunakan adalah unit rental, kamu tetap harus berhati-hati dalam berkemudi. Karena, bisa jadi jika mengalami insiden dan tergores sedikit saja, maka kamu akan dikenakan denda atau biaya tambahan atas kerusakan unit sewa mobil tersebut.

6. Pastikan untuk memproteksi finansial dengan asuransi mobil untuk menghindari kerugian yang besar jika terjadi kerusakan atau kehilangan mobil.

Jangan lupa untuk selalu bertindak hati-hati dalam membuat keputusan, termasuk ketika hendak sewa kendaraan. Kamu bisa menanyakan kepada pihak penyedia jasa rental mobil apakah tersedia asuransi atau jaminan pada unit yang akan kamu gunakan.

7. Perhatikan syarat dan ketentuan penyewaan mobil, seperti durasi penyewaan, jarak tempuh, dan biaya tambahan lainnya.

Memperhatikan syarat dan perjanjian sewa sangat penting sebelum Anda mentransfer. Bisa saja, nanti sudah pesan ternyata di-reschedule. Sebagian penyewaan mengijinkan hal ini, sebagian punya batas maksimal reschedule dan ada yang membebankan biaya ekstra.

8. Perhatikan Mekanisme Refund dan Pembatalan

Semua orang tentu ingin acara yang diagendakan berjalan lancar dan sesuai rencana. Tetapi, halangan bisa datang kapan saja dan jika sudah pesan kendaraan, mau tidak mau harus cancel.

9. Kurang Memperhitungkan Waktu

Kelebihan atau keterlambatan pengembalian armada bisa terkena denda. Tiap jasa punya aturan tersendiri menghitung waktu sewa dan hitungan dendanya. Konfirmasi perihal ini dengan jelas ke customer service. Fungsinya agar Anda tahu lama keterlambatan yang ditolerir dan mekanisme denda. Anda juga bisa mengkalkulasi waktu sewa sehingga tidak perlu menambah durasi.

10. Memilih jasa rental yang terpercaya adalah kunci penting agar tak merugi.

Pilih yang mempunyai track record bagus, review positif, dan terbuka perihal peraturan, syarat, dan pembiayaan. Apabila jasa bekerja sama dengan nama besar, hal ini lebih bagus lagi dan menjamin keamanannya. Misalnya, seperti ABRA Trans Rental, yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam industri Jasa Pelayanan Rental & Sewa Mobil Bandung.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan dapat membantu menghindari kerugian saat sedang menyewa mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *